Sunday 27 January 2013



Tips Microsoft Excel : Mengenal Fungsi Form Control SCROLL BAR
Semoga kabar para sahabat sehat selalu dan senantiasa diberikan kekuatan dalam menjalankan kewajiban Puasa untuk hari jumat yang ceria ini.
Kali ini saya ingin memberikan tips masih seputar Fungsi Form Control dan yang menjadi pembahasan adalah tentang Form Control SCROLL BAR, saya jamin yang namanya Scroll Bar semua sudah pada tahu dan biasanya kita temui di kertas kerja Excel atau Word  dimana letaknya tepat dipinggir kanan atau bawah.
Tips yang saya sajikan kali ini adalah bagaimana form control tersebut bekerja untuk membaca sebuah database artinya ketika kita memilih panah bawah maka data tersebut akan berubah sesuai urutan data begitupun sebaliknya.
Ok sekarang semisalkan kita mempunyai data seperti gambar berikut ini (praktekin dan kamu buat di sheet1) :

Dengan data diatas kita ingin menampilkan data dilayar nantinya sebanyak 5 data dan dengan adanya Scroll Bar setiap kita mengklik panah bawah maka data dengan sendirinya berubah dimana nomor yang muncul sebelumnya misalkan 1, 2, 3, 4, 5 maka ketika kita klik panah bawah maka urutan data menjadi 2, 3, 4, 5, 6 dan begitu seterusnya atau kebalikannya.
Penasaran……..
Sekarang buka sheet 2, bisa di worksheet excel kamu belum muncul di Tools maka lalukan langkah berikut ini :
Atau jika belum ada di worksheet excel maka cara untuk memunculkannya adalah sebagai berikut :
  • Klik icon office dipojok kiri atas
  • Klik Excel Options
  • Lalu klik Customize disini dibawah  Choose Commands From pilih  All Commands dan cari Command Control.
  • Klik command Control tersebut atau klik Add dan selanjutnya klik OK.
Dan bentuknya seperti gambar dibawah ini :
Seperti postingan sebelumnya letak  Control SCROLL BAR ada dalam Form Control dengan bentuk seperti gambar berikut ini :
Nahhhh yuk sekarang kita membuat aplikasinya…..buka sheet 2 dan terlebih dahulu buatlah form seperti gambar dibawah ini :
Perhatikan di Cell F, disinilah kita akan menaruh Form Control SCROLL BAR, untuk menampilkan atau memunculkannya yaitu dengan mengklik Form Control lalu klik Form Control SCROLL BAR dan persis seperti gambar diatas dimana form tersebut diletakkan.
Selanjutkan klik kanan Form Control SCROLL BAR tersebut lalu kil Format Control pilih tab Control lalu untuk Maximum value kita sesuaikan dengan jumlah data di sheet 1 yaitu 16 data jadi nilai yang dimasukkan adalah 16,  untuk Cell link taruh di sembarang cell atau coba di Cell G1 setelah klik OK.
Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan memunculkan sebuah argumentasi bagaimana supaya nomor urut berubah (perhatikan Cell A3), argumentasi tersebut adalah :
Jika nilai di Cell G1 bernilai 0 maka di Cell A3 adalah 1 jika bukan nilai di Cell G1 ditambah 1
Dengan argumentasi tersebut maka kita membuat sebuah rumus dengan menggunakan Fungsi IF sehingga rumus yang dibangun adalah :
=IF(G1=0,1,(1+G1))
Selanjutnya di Cell A4 bautlah rumus seperti ini :
=IF(A3>0,A3+1,”")
Copy paste rumus diatas sampe Cell A7 karena kita hanya akan memunculkan 5 data. Dan jika benar maka akan muncul nomor urut dari 1 sampe 5 dan jika kalian klik Scroo Bar maka nomor urut tersebut akan berubah.
Dengan begitu untuk memunculkan Nama, NIS, dan Nilai Ujian akan menjadi mudah karena rumus kunci utama yaitu nomor urut siswa sudah kita ketahui selanjutnya kita akan menggunakan Fungsi VLOOKUP.
Untuk memunculkan Nama di Cell B3 rumusnya adalah :
=VLOOKUP($A3,Sheet2!$A$3:$E$18,2,FALSE)
Untuk memunculkan NIS di Cell C3 rumusnya adalah :
=VLOOKUP($A3,Sheet2!$A$3:$E$18,3,FALSE)
Untuk memunculkan Nilai Hasil Ujian berupa angka di Cell D3 rumusnya adalah :
=VLOOKUP($A3,Sheet2!$A$3:$E$18,4,FALSE)
Untuk memunculkan Nilai Hasil Ujian berupa Huruf di Cell E3 rumusnya adalah :
=VLOOKUP($A3,Sheet2!$A$3:$E$18,5,FALSE)
Blok cell yang sudah kita buat rumus tersebut lalu copy paste semua rumus tersebut ke cell dibawahnya.
Jika benar dilakukan maka data dimaksud akan muncul, sekarang langkah anda adalah tinggal membuktikan berjalan atau tidaknya Control Scroll Bar tersebut dengan mengklik panah bawah atau atas.
Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment